Museum Nasional

18 06 2008

Kemarin aq dan kedua teman q (Indah + Witzen) pergi k Museum Nasional setelah makan siang. Kebetulan Museum Itu lokasinya tepat d samping kanan kantor qta jadi cuma jalan beberapa langkah aja langsung dapat. eh, btw tahu g kemarin qta ngabisin duit /org 15rb cuma bwt mkan nasi+ikan bawal…!!! Kebayang g d sala3 itu makan segitu cuma 5000 udah plus minum, juice lagi minumnya!!! kaget juga sich qta, tapi apa mau d kate nasi dah jadi bubur ya terpaksa mau g mau y harus bayar…!!!

Lanjut cerita yg d museum y?! tapi qta g masuk sampe dalam museumnya. Soalnya kalo masuk sampe dalam soale kalo masuk k dalam harus bayar. Maklum mahasiswa maunya yg gratisan aj.. hehehehe3(Maklum masih mahasiswa, biarpun gayanya dah kayak orang kantoran tapi statusnya masih aja mahasiswa,y khan) jadi carinya gratisan melu2.

Eitss, tapi jgn salah… view d depan museumnya juga cantiq bgt. Apalagi yg jadi modelnya khan juga manis2 (narsis dqt gpp y,he) Ni foto2 nya y

Depan Museum Nasional

Di halaman Museum Nasional

Dpn Gedung Museum Nasional

Pemandangannya bagus khan, masih banyak sich foto2nya tapi g aq masukin semuanya, kalo teman2 ada yg mo dateng Jakarta, sempatin bwt berkunjung k sini – museum nasional. Tapi masuk sampe dalam y, jangan cuma d luar kayak qta, he3… Pengennya juga sich qta masuk sampe dlm, tapi lain kali aj kale y. Tunggu gajian, he3..

Ini Bangunan khan juga termasuk salah satu aset yg harus d jaga y khan..?!

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat-samping DepKominfo(Kantor t4 aq magang sekarang).

Aku mau cerita diqit tentang sejarah museum Nasional ini y,

Museum Nasional Republik Indonesia adalah salah satu wujud pengaruh Eropa, terutama semangat Abad Pencerahan, yang muncul pada sekitar abad 18. Ia dibangun pada tahun 1862 oleh Pemerintah Belanda di bawah Gubernur-Jendral Reinier de Klerk sebagai respons adanya perhimpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang bertujuan menelaah riset-riset ilmiah di Hindia Belanda. Museum ini diresmikan pada tahun 1868, tapi secara institusi tahun lahir Museum ini adalah 1778, saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda.

Museum Nasional dikenal sebagai Museum gajah sejak dihadiahkannya patung gajah oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Tetapi pada 28 Mei 1979, namanya resmi menjadi Museum Nasional Republik Indonesia. Kemudian pada 17 Februari 1962, Lembaga Kebudayaan Indonesia yang mengelolanya, menyerahkan Museum kepada pemerintah RI. Sejak itu pengelolaan museum resmi oleh Direktorat Jenderal Sejarah dan Arkeologi, di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi mulai tahun 2005, Museum Nasional berada di bawah pengelolaan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Catatan di website Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 menunjukkan bahwa koleksinya telah mencapai 109.342 buah. Jumlah koleksi itulah yang membuat museum ini dikenal sebagai yang terlengkap di Indonesia. Pada tahun 2006 jumlah koleksinya sudah melebihi 140.000 buah, tapi baru sepertiganya saja yang dapat diperlihatkan kepada khalayak.

Ok segitu dulu yach, itu sejarah ta ambil d wikipedia. Jadi selengkapnya bisa d baca d situ..

c u..

GBU

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: