Socket Part 2

9 02 2009

Winsock atau windows socket sebenarnya kepanjangan dari Windows Sockets API (aplication progaming interface ) yang befungsi sebagai jembatan untuk software aplikasi yang berhubungan dengan network service terutama TCP/IP pada sistem operasi Windows.
Socket merupakan mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Pada setiap lingkungan sistem operasi yang mampu berkomunikasi dengan protokol TCP/IP, fasilitas socket selalu tersedia.

Socket adalah satu titik akhir dari jalur komunikasi dua arah antara dua program yang berjalan pada jaringan dengan protokol TCP/IP atau UDP. Socket terhubung pada sebuah nomor port sehingga lapisan TCP dapat mengidentifikasi sebuah aplikasi dimana pengiriman data ditujukan.

socket-api

Defenisi tentang socket sebagai berikut (Dharma Oetomo, dkk , 2006)
a. Mengizinkan suatu proses unik untuk berkomunikasi satu dengan yang lain
b. Memberitahukan proses mana untuk menulis dan membaca
c. Komunikasi pada mesin yang sama, jaringan dan internet
d. Komunikasi dua arah membuatnya cocok untuk model client server
e. Dibentuk tahun 1980 oleh Barkeley Unix Distribution

Pada umumnya, sebuah server merupakan sebuah komputer yang khusus dan memiliki sebuah socket yang terhubung pada sebuah nomor port yang khusus. Server hanya menunggu socket untuk menerima permintaan koneksi(request) dari sebuah client(passive open). Client mengetahui alamat IP server dan nomor port tempat tersebut dihubungkan. Untuk membuat koneksi permintaan, client mencoba untuk melakukan koneksi dengan server pada mesin server dan port(active open).

Client meminta Koneksi

Apabila semuanya berjalan dengan baik maka server menerima koneksi. Saat penerimaan, server membuka socket baru yang terhubung pada port yang berbeda. Untuk dapat melanjutkan penerimaan dari socket awal untuk koneksi permintaan saat melayani kebutuhan client yang terhubung, dibutuhkan sebuah socket baru dengan nomor port yang beda.

koneksi

Pada sisi client, jika koneksi diterima, sebuah socket berhasil dibentuk dan client dapat menggunakan socket tersebut untuk berkomunikasi dengan server. Client dan server sekarang dapat berkomunikasi untuk menulis atau membaca dari socket tersebut.

cukup sekian untuk hari ini,, ^________^V

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: