Waspada Bencana Gempa..!!!!

5 10 2009

Belakangan ini bencana sering terjadi dimana-mana… Indonesia pun ikut berpartisipasi dengan merasakan bencana khususnya Bencana Gempa yang sdh sangat sering terjadi di negara tercinta kita ini…   (jiahhhh )males

Seperti baru2 ini kita dikejutkan dengan adanya gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang pesisir barat Sumatra, 53 kilometer barat laut ibukota Padang…. konslet

Yang mengakibatkan total 26 sarana kesehatan rumah sakit dan puskesmas di Sumbar mengalami kerusakan baik ringan hingga berat. Data itu diungkap oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan, dr Lily S. Sulistyowati, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (4/10 ).  Data itu berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Pusat Penanggulangan Krisis (PPK) Depkes hingga hari Minggu.

Semua bencana pasti berdampak buruk.. dan semua orang pasti tak mau mengalami hal buruk… ya khan..?!
Namun yang namanya bencana, bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja. Jadi yang harus kita lakukan adalah WASPADA..!!! sinchan

HeadLine Kompas(Senin, 5 Oktober 2009) menyatakan “Gempa Akan Terus Terjadi, Semua Harus Siaga”. Dikatakan bahwa Semua harus siap siaga karena bencana gempa belum berakhir. Untuk itu, penyebarluasan informasi tentang ancaman bencana diperlukan sebagai upaya antisipasi agar jumlah korban dapat dieliminasi.
Selain itu, saat ini perlu segera dilakukan evaluasi skala nasional menyangkut kondisi geologis dan kondisi bangunan-bangunan di setiap wilayah.

Saya pernah membaca bahwa:
“Gempa bukan bencana yang mematikan, bangunan yang buruklah yang membunuh manusia.”
“Earthquake did not kill people, the bad building did it”.

dan saya pikir ada benarnya juga. Kita mungkin tak dapat mencegah bencana yang pasti akan terjadi namun setidaknya kita dapat mencegah jumlah korban dan dampak negatif yang akan terjadi pasca bencana. Salah satunya yach dengan memperhatikan konstruksi gedung yang dibangun agar tahan gempa..

Selain itu dengan adanya pemahaman tiap individu. Individu tersebut, pertama, harus mampu melindungi dirinya sendiri. Kedua, harus menginformasikan kepada keluarganya bagaimana melindungi diri mereka. Ketiga, harus mampu melindungi harta bendanya.
Dan perlu adanya evaluasi segera terhadap kondisi wilayah masing-masing menyangkut kondisi geologis dan memeriksa struktur bangunan demi mengurangi risiko bencana.

Selepas gempa biasanya manusia baru sadar akan konstruksi bangunan. Gempa bukan hanya sekedar bencana namun juga “wake-up call“, alarm yang menyadarkan. Pengingat akan bahaya, pengingat kematian, kepedulian, dan juga pengingat akan keberadaan dan kebesaran Tuhan..

so, Tetap waspada….
Jesus Bless 🙂

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: