.:: Pengantar MANAJEMEN ::.

15 06 2010

Induk dari Manajemen adalah “Administrasi”.
Kata Administrasi sendiri diserap dari bahsa Latin
‘Ad’ ==> Mambantu
‘Ministrate’ ==> Pokok
Jadi dapat disimpulkan bahwa Administrasi merupakan : Kegiatan untuk membantu kebutuhan Pokok.

Ciri / Karakteristik / FaKtor Administrasi :
-. Ada Sekelompok Manusia
-. Ada Kerja Sama
-. Ada Tujuan
ketiga Hal diatas merupakan suatu kesatuan sistem, ketiganya harus ada dalam suatu administrasi. Jika ada sekelompok manusia dan ada tujuan tertentu saja, tetapi sekelompok manusia itu tidak bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut maka belum bisa dikatakan sebagai ‘Administrasi’.

Unsur – Unsur Administrasi :
1. Organisasi
2. Manajemen
3.Komunikasi
4. Kepegawaian /Personalia
5. Keuangan / Finansial
6. Perbekalan / Inventory
7. Tata Usaha
8. Hubungan Masyarakat
Berbeda dengan Karakteristik, tiap unsur diatas tidak perlu selalu ada dalam sebuah Administrasi
Namun ketiga unsur paling atas yaitu Organisasi, Manajemen dan Komunikasi pasti akan selalu ada (Didalam sebuah ‘Organisasi’ didalamnya terdapat ‘Manajemen’ dan untuk memanage sebuah organisasi diperlukan ‘Komunikasi’ yang baik).

Tujuan Administrasi : Mencapai Efisiensi dan Efektifitas

Efisien yang dimaksudkan disini yaitu : Perbandingan yang terbaik antara usaha dan hasil,
Efektif
yaitu : Target terpenuhi

==> ORGANISASI <==

Dari bahasa Latin ‘ORGANUM (noun)’ , ‘ORGANON (verb)’ yang berarti : Badan, Tubuh, Wadah/Tempat/Lembaga/Institusi.

Defenisi Organisasi itu sendiri adalah : Sistem interaksi antara sekelompok manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan didalam satu wadah.

Organisasi sendiri berbentuk Abstrak. Supaya konkrit maka tiap organisasi harus mempunyai ‘Nama’. Serta harus memiliki Bagan Organisasi / Struktur Organisasi.

Struktur organisasi adalah kerangka hubungan antara satuan organisasi – organisasi dan pejabat – pejabat yang terdapat tugas dan wewenan yang berjalan secara tertib.

Pedoman Organisasi : Berisi azas organisasi, agar organisasi berjalan tertib dan sehat.

Tertib disini maksdunya ‘sesuai dengan job description’ sedangkan Sehat berarti  ‘sesuai dengan kapasitasnya’.

Azas Organisasi :

1.  Perumusan tujuan yang jelas

2.  Departeminasi

3.  Pembagian Kerja

4.  Koordinasi

5.  Pelimpahan Wewenang

6.  Rentangan kontrol

7.  Kesatuan perintah

8.  Jenjang Organisasi

9.  Fleksibilitas

10.  Berkesinambungan

11.  Keseimbangan

Tujuh Satuan Organisasi

1.  Satuan Pimpinan

2.  Satuan Haluan

3.  Satuan Penasihat

4.  Satuan Pengendali

5.  Satuan Penunjang

6.  Satuan Operasi

7.  Satuan Ekonomi

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: